Cara Mengatasi Flash Disk Yang Write Protected


Seminggu ne saya sempat mikir-mikir kira2 mau nulis apaan lagi ya di blog..??Soalnya udh seminggu tapi belum nemu mau bikin tentang apaan,sempat bongkar2 artikel-artikel lama di harddisk tapi ga nemu apa yang menarik buat ditulis..Mau bahas tentang WP8, tapi saya belum punya WP8 , jadi ga bisa ngasih review..:D

Akhirnya, kemaren ada teman yang minta tolong buat betulin flashdisknya yg “write protected”, dan dia sempat dibikin frustasi karena Flashdisk 16GB nya tiba2 ga bisa dibuka, format,dll..Naah, kebetulan saya tau caranya buat balikin tu flashdisk seperti kondisi semula, dan….teng..teng tu flashdisk bisa kembali seperti kondisi semula,..Setelah mikir, kenapa ga saya sharing aja cara-cara buat ngatasin flashdisk yang kena “Write Protected” menurut apa yang saya tahu..?Jadilah makanya saya ngambil tema tulisan kali ne gimana cara ngatasin flashdisk yang kena Write Protected. 

Tanpa berpanjang-panjang lagi berikut adalah sebagian cara-cara yang saya tahu buat ngatasin flashdsik yang kena Write Protected…

CARA 1 : 

1. Buka Run pada windows atau tekan Windows + R pada keyboard (Ini khusus OS Windows yaa..)
2. Isikan pada field dg “regedit” kemudian enter..
3. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\ StorageDevicePolicies(kemungkinan di beberapa OS tidak dijumpai StorageDevicePolicies)
4. Pada sisi sebelah kanan akan ada DWORD bernama WriteProtect. Klik 2x pada DWORD tersebut dan ubah value-nya dengan 0
5. Klik OK kemudian restart komputer.

CARA 2:

1. Buka Command Prompt Windows dengan cara buka run dan isi dengan cmd dan ketik “CHKDSK /F Drive letter” : (contoh apabila flashdisk berada di drive G maka ketik “chkdsk /f g”..
2. Setelah selesai, coba untuk membuat folder baru pada Flash Disk tersebut, apabila berhasil maka folder baru tersebut akan tersimpan di flashdisk walaupun flashdisk tersebut tidak tersambung pada komputer sekalipun.
3. Apabila masih gagal, coba ulangi format dengan perintah Format Drive letter: (contoh apabila flashdisk berada di drive G maka format g
4. Atau dapat dilakukan melalui Computer Management dan lihat volume drive flash disk yang akan diformat, kemudian format. Bila masih error, coba restart komputer dan coba lagi..:D (trial and error tu biasa..)

CARA 3 :

1. Buka Windows Explorer, Klik kanan pada Drive Flash disk yang write protected kemudian klik “eject”,
2. Cabut Flash disk tersebut tanpa Safely remove,
3. Pasang kembali Flash Disk tersebut.
Apabila Flashdisk masih write protected, ulangi langkah 1-3, (kadang cukup sekali, kadang beberapa kali bahkan puluhan kali lebih). Coaba aja terus, jangan bosen-bosen yaa..Kalo bosen ya silahkan beli flash disk baru…:D *Kidding*

Ok..,mungkin sekian dulu tips buat ngatasin flashdisk yang terkena write protected, semoga bisa mengatasi permasalahan  yang dihadapi oleh teman-teman semua..Kalo ada yang punya cara lain dan lebih simple silahkan sharing juga ya, karena disini tujuan saya adalah berbagi sedikit pengalaman..:D

    • gupta
    • March 8th, 2013

    mas, aku ada kendala nih,
    flashdisk ku gak bis dibuka, kalo dibuka mesti ada tulisannya,”you don’t currently have permission to access this folder,” terus kalau di klik continue ada tulisannya,”you have been denied permission to access this folder.”
    minta solusinya dong

      • dirpratama
      • March 9th, 2013

      Mas,,,kalo ngeliat dari Warningnya sih FD anda terkunci sama windowsnya mas..Maknya ga bisa dibuka dan keluar peringatan kyak gtu..
      Klo bleh tau mas pke OS apa?Klo windows cba format dari command prompt safe mode mas.,jika ttp ga bisa kasih tau saya, nanti saya bantu dg solusi lain..

    • ijah
    • May 22nd, 2013

    copas smua informasinya (y)(y)

      • dirpratama
      • September 16th, 2013

      Monggo.,,semoga bermanfaat..:)

    • janu
    • June 11th, 2013

    klu buat win8 gimana gan

      • dirpratama
      • September 16th, 2013

      Kalo buat Win 8 ane blm coba gan,,tapi kyaknya ga berlaku deh trik yg ini..Ntr coba ane cari tau dulu gmna caranya..

    • MNC
    • July 25th, 2013

    masih belum bisa bang
    saya pakai OS windows 8
    mohon bantuannya

      • dirpratama
      • September 16th, 2013

      Buat Win 8 emng blm ada saya coba,,tapi sepertinya emg ga bisa..Ntar coba saya cari tau dulu gimna caranya..Thanx udh berkunjung

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

