Tips Meningkatkan Kinerja Harddisk


Harddisk pada komputer merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer kita. Harddisk sebagai penyimpan data2yang ada pada komputer perlu dioptimalkan kinerjanya, agar tetap berjalan dengan baik.

Ada kalanya komputer kita berjalan agak lambat daripada biasanya, bisa jadi salah satu penyebabnya ialah harddisk yang terlalu penuh dengan file2 yang tidak berguna, namun tetap aktif. Inilah yang menjadi akibat kinerja dari harddisk menurun sehingga jalan komputer lebih lambat dari biasanya.

Adapaun cara2 yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja harddisk kita agar komputer kita dapat berjalanseperti biasanya, dan menjaga harddisk kita tetap optimal ialah :

1.Buang program2 yang tidak terpakai pada komputer kita dengan cara :

Pilih menu “Control Panel” pada explorer, lalu klik menu “Add or Remove Programs”, kemudian buanglah program2 yang tidak terpakai pada komputer dengan cara me-removenya.

2.Jangan menyimpan terlalu banyak file pada satu drive, lebih baik membagi partisi harddisk menjadi 2 bagian, sehingga pisahkan data yang berupa System dengan data program biasa. Usahakan drive C: (System ) memiliki kapasitas yang lebih besar dari drive untuk menyimpan data biasa seperti E: / D:.

3.Usahakan sisakan kapasitas masing2 Drive pada harddisk minimal sebesar 500MB, jadi jangan sampai drive harddisk penuh dengan data, karena akan melambatkan kinerja komputer.

4.Jangan mengaktifkan antivirus lebih dari satu secara bersamaan pada komputer. Karena akan cepat merusak sistem pada harddisk. Sebaiknya cukup menggunakan satu antivirus saja, dan jika ingin tambahan pengaman pada komputer kita,lebih baik pakai program antispyware.

5.Lakukanlah Disk Cleanup saat terjadi Low Disk atau paling tidak gunakan secara teratur seminggu sekali untuk menghapus data2 yang sudah tidak terpakai pada harddisk. Caranya klik [START] pilih All Programs, pilih dan klik menu accesorries, klik menu System Tools dan pilih Disk Cleanup, hapuslah semua data2 temporary yang ada.

6.Jangan terlalu banyak menumpuk file yang sudah dihapus pada Recycle Bin. Apalagi file2 dengan ukuran besar, sedapat mungkin selalu bersihkan Recycle Bin anda. Karena akan mengurangi ruang kosong pada harddisk, sehingga kinerja komputer menjadi lambat. Atau kurangi kapasitas Recycle Bin anda, dengan cara mengklik kanan folder Recycle Bin, dan pada tab General akan terlihat berapa persen kapasitas Recycle Bin yang dipakai, kurangi menjadi paling tidak 10%.

7.Bersihkan file TEMP di C:\Windows\Temp yang sudah tidak digunakan dan bersihkan juga file*.CHR . langkah – langkahnya adalah untuk membersihkan file Temp anda bisa membuka Windows Exloler, buka Drive C:, lalu buka Windows, klik folder Temp, selanjutnya hapus semua file yang sudah tidak diperlukan. Untuk file CHR anda bisa membuka [START], Search,lalu pilih “All Files and Folder”, lalu ketik *.CHR,lalu klik Search, jika ditemukan hapus semua file-file CHR tersebut.

8.Lakukan Disk Defragment untuk merapikan data2 pada Harddisk kita, dan bisa juga untuk mencek file atau program yang Error pada komputer. Usahakan lakukan Disk Defragment rutin minimal sekali sebulan. Agar ruang pada harddisk menjadi rapi dan tidak menumpuk.

9.Gunakan Chec k Disk untuk melihat dan memperbaiki jika ada program yang error atau crash.

10.Untuk menjaga jaga, jika terjadi Disk Error atau Harddisk anda rusak backup data-data penting anda kedalam CD ataupun Flash Disk, agar tidak kehilangan data2 yang sangat penting.

11.Satu lagi yang mungkin bagi sebagian orang dianggap tidak penting yaitu, Jangan terlalu sering memformat Harddisk anda , karena akan mengakibatkan nantinya kinerja harddisk menurun. Itu salah satu penyebab kenapa harddisk sering rusak, sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Mudah-mudahan cara yang diberikan diatas dapat menjadi solusi bagi anda semua yang belum mengetahui pentingnya menjaga kinerka harddisk komputer tetap optimal. Semoga bermanfaat, kalau ada tambahanyang belum diketahui oleh penulis, Silahkan kirim E-Mail ke : dirga.87.ve@gmail.com.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: