Konsep Dasar TCP…


Untuk memastikan bahwa tipe – tipe komputer yang berbeda dapat bekerja sama, para programmer menulis program – program dengan menggunakan protokol-protokol standard. Sebuah protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan bagaimana sesuatu hal semestinya dilakukan. Sebagai contoh, ada protokol yang mendefinisikan format yang semestinya digunakan untuk pesan berupa e-mail. Selanjutnya semua program mail mengikuti protokol tersebut ketika program – program tersebut mempersiapkan sebuah pesan mail.

TCP/IP adalah nama umum untuk sekitar 100 protokol yang digunakan untuk menghubungkan komputer dan jaringan. Jenis – jenis dari TCP/IP yang paling banyak dipakai ialah Telnet dan File Transfer Protocol ( FTP ). Nama TCP/IP berasal dari 2 protokol yang paling penting, yaitu TCP ( Transmission Control Protocol ) dan IP (Internet Protocol ).

 

Dalam internet, informasi yang ada tidak disampaikan sebagai suatu bentuk kesatuan data yang utuh dari host ke host, tetapi sebagai aliran paket – paket data yang kecil – kecil. Sebagai contoh, jika kita ingin mengirim e-mail kepada seseorang di negara lain, TCP akan membagi pesan tersebut ke dalam paket – paket data yang kecil – kecil. Setiap paket data ditandai dengan nomor urut  dan alamat penerima. Selain itu, TCP juga menyertakan informasi yang berfungsi untuk mengontrol paket data yang dikirim jika terjadi kesalahan dalam pengiriman data. Selanjutnya, paket-paket data dikirim melalui jaringan komputer, dimana dalam tahap ini IP membawa paket-paket data tersebut ke alamat (host) tujuan. Pada host tujuan, TCP menerima paket-paket data tersebut dan akan memeriksa jika terjadi kesalahan. Jika terjadi kesalahan, maka TCP akan meminta host asal mengirim kembali paket-paket data yang mengandung kesalahan. Setelah semua paket data diterima dengan benar, TCP akan menggunakan nomor-nomor urut untuk mengonstruksi pesan asli.

 

 

 

 

 

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: