Processor Cepat Belum Jaminan Kinerja Komputer Yang Baik….


Processor merupakan otak komputer secara keseluruhan, karena baik atau buruknya kinerja komputer anda tergantung dari pemilihan Processor yang pas dan baik. Tetapi bukan  itu saja yang akan menentukan kinerja komputer kita baik atau buruknya, banyak hal lain yang harus diperhatikan. Bagi sebagian orang mungkin dengan memakai komputer dengan processor tercepat yang ada saat ini, sebut saja Pentium 4 Northwood, Core 2 Duo, ataupun Core i7 dengan rate clock mencapai 3,2 GHz akan menjamin kinerja komputer akan baik dan cepat tentu saja.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar namun juga tidak juga salah, karena walau bagaimanapun penggunaan processor yang tepat sangat mempengaruhi dari komputer kita secara keseluruhan. Tetapi perlu kita ketahui juga bahwa processor bukan faktor penting yang akan menentukan kinerja komputer baik atau tidaknya secara keseluruhan, karena banyak faktor lain yang juga menentukan kinerja dari komputer, seperti pemilihan motherboard yang sesuai dengan komputer anda. Karena motherboard adalah induk atau tempat bersatunya semua komponen2 penting pada PC anda. Oleh karena itu harus diperhatikan juga bahwa pemilihan motherboard yang pantas, sangat menentukan secara keseluruhan komponen yang ada pada PC akan berjalan dengan baik.

Sebagai saran pilihlah Motherboard yang sudah mendukung processor yang anda gunakan, pilihlah motherboard terbaru yang sudah menyertai fitur2 terbaru, sehingga cocok dengan PC anda. Jika anda adalah seorang Gamer, pilihlah Board yang mendukung AGP Port, sebagai contoh penggunaan VGA dengan basis Direct X9 atau 10, yang pas untuk PC Gaming.

Selain pemilihan Motherboard yang pas, pemilihan jenis memory yang sesuai juga sangat menentukan kualitas dari komputer. Sebaiknya gunakan memory yang memiliki bandwidth yang besar, sehingga bisa mengimbangi dengan processor yang memiliki kecepatan tinggi. Sebagai contoh memory untuk PC anda yang cukup memenuhi syarat ialah gunakan memory dengan jenis DDR-SDRAM, ataupun DDR 2. Kedua jenis memory tersebut memiliki bandwidth yang cukup besar. Kapasitas dari memory juga harus menjadi perhatian selain jenisnya, untuk kapasitas hendaknya sesuaikan dengan kebutuhan PC anda masing-masing. Jika anda menggunakan Windows XP/2003 Server, minimal kapasitas memory ialah 256 MB, namun jika anda ingin kinerja komputer lebih cepat gunakan 512 MB, untuk pengguna Windows Vista,atau Windows 7 agar komputer dapat berjalan dengan stabil hendaknya gunakan memory dengan kapasitas minimal 1GB, karena kedua OS tersebut cukup banyak memakan resource komputer anda.

Harddisk juga merupakan faktor penentu dari kinerja PC anda, penggunaan kapasitas harddisk yang pas dan kecepatan putaran piringan harddisk sangat menentukan PC anda dapat berjalan dengan lancar. Kapasitas harddisk sangat bermacam-macam, tergantung kebutuhan setiap orang, mulai 128 MB sampai 320 GB, namun yang sangat perlu diperhatikan ialah kecepatan putaran harddisk. Ada 2 jenis keepatan putaran harddisk yaitu, 5200 RPM, dan 7200 RPM. Bagi anda yang menggunakan PC untuk keperluan rumah dan kantor disarankan memakai yang 5200 RPM, kinerjanya terbilang bagus, dan tidak memakan emisi panas yang berlebihan, jadi PC anda tidak akan cepat panas untuk pemakaian berjam-jam.

Namun bagi anda yang menginkan kinerja dan kecepatan super, apalagi untuk para Programmer dan Gamer gunakan yang 7200 RPM yang memiliki kecepatan tinggi dan loading data lebih cepat, namun yang harus diperhatikan ialah penggunaan jenis ini memakan panas yang cukup tinggi, sehingga hendaknya PC anda memiliki pendingin ekstra untuk penggunaan yang cukup lama.

Selanjutnya semua terserah anda ingin seperti apa PC idaman anda, tentu saja PC yang bagus bukan hanya dari harga komponen yang mahal, namun kejelian dalam memilih komponen yang sesuai sehingga kinerja PC anda baik dan stabil. Ingatlah penggunaan processor dengan harga yang mahal atau spesifikasi yang tinggi tidaklah terlalu penting, karena menurut uji coba pada dasarnya perbedaan kecepatan processor antara satu dengan yang lannya tidaklah berbeda jauh. Untuk itu pandai-pandailah memilih komponen yang baik untuk PC anda.

Created By : Dirga P.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: