Memonitor Resource Komputer…


Salah satu cara agar menjaga kinerja komputer kita adalah dengan memonitor resource pada komputer kita. Dengan mengetahui besar resource pada komputer, kita bisa mengetahui besarnya penggunaan daya pada komputer kita.

Untuk memonitor resource pada komputer, microsoft melengkapinya dengan tool yang dapat membantu dan memantau peforma dan keadaan system komputer kita. Jika pada Windows 98 / ME memonitor resource ini dilakukan dari Resource Meter, pada Windows XP/ Server 2003 bisa dari Task Manager pada tab Peformance, sedangkan pada Windows Vista dapat dilihat dari Task Manager juga namun pada tab Resource Monitor. Pada tulisan ini saya akan mencoba dulu mambahas pada Windows XP ( untuk Vista belakangan ya….^-^ ).

Seperti yang telah dijelaskan di atas memantau resource komputer kita pada Windows XP dapat dilihat pada Task Manager ( Ctrl + Alt + Del) pada tab Peformance. Pada bagian tersebut kita bisa melihat statistik penggunaan daya komputer dan juga PF Usage ( penggunaan memory ), jadi kita bisa mendapatkan gambaran secara menyeluruh dari peforma komputer kita , seperti pada gambar berikut :

task_mnger-1

Pada gambar di atas kita bisa melihat penggunaan aplikasi atau service yang bejalan pada komputer kita pada bagian CPU Usage, dan disebelahnya adalah grafik penggunaan CPU. Di bawahnya terdapat PF Usage, yaitu penggunaan memory pada komputer kita, jadi kita bisa memantau berapa banyak memory yang terpakai saat anda menjalankan komputer anda, dan anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas memory pada komputer anda, jika misalnya kapasitas memory anda adalah 256 MB, namun tercantum pada PF Usage adalah 296 MB, berarti anda ngutang memory sebesar 40 MB, dan tentu saja komputer anda akan berjalan sangat lambat atau berat. Oleh karena itu sesuaikan penggunaan program yang kita jalankan dengan kapasitas memory kita yang tersedia.

Sedangkan untuk melihat penggunaan daya komputer kita bisa dilihat dari CPU Usage, normalnya penggunaan daya CPU pada tab CPU Usage adalah sekitar 2% – 10%, namun jika anda sedang menjalankan banyak aplikasi bisa sekitar 20-30%. Semakin besar daya yang dipakai maka kinerja komputer akan agak lambat dan berat, untuk itu jika CPU Usage mencapai angka lebih dari 50 %, lebih baik matikan dulu aplikasi yang berjalan, bisa dilakukan dengan melihat tab Processes pada Task Manager, seperti gambar berikut :

task_mnger2

Pada tab ini selain dapat melihat pemakain daya pada CPU juga dapat dilihat besarnya memory yang digunakan untuk masing-masing aplikasi yang sedang berjalan atau running di komputer kita pada bagian Mem.Usage

Klik pada aplikasi yang akan dimatikan, lalu klik End Process. Namun ingat jangan pernah mematikan process System Idle Process pada System, karena walaupun ia yang paling banyak memakan daya pada komputer namun merupakan aplikasi yang menjalankan semua system pada komputer anda, karena jika anda mematikan aplikasi ini, bisa2 komputer anda crash atau error.

Untuk itu segera optimalkan kinerja dan peforma dari komputer anda dengan memantaunya menggunakan Task Manager. Karena anda bisa melihat berapa besar daya yang dipakai oleh komputer anda dan juga besarnya penggunaan memory.

Created By : Dirga P.

  1. bos saran yg membingungkan coba cariin cara yg simpel and gampang aja ya

      • dirgaworm
      • February 20th, 2011

      @ agus prasetyo :
      Baik mas…
      Terima kasih srannya..Nnti akan saya bkin pnjelasan yg lbih simple..
      Maaf klo trllu rbet bahasany…:)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: