Elektronika Harus Memperluas Jangkauan Hotsponya…


Jurusan Elektronika UNP sekarang bisa dikatakan dengan jurusan yang banyak Mahasiswanya, karena setidaknya ada 4 program studi yang berada di bawah Elektronika, yaitu, Pend. Teknik Elektronika,Teknik Elektronika (D3), Pend.Teknik Informatika, dan Teknik Komputer Jaringan.

Dan juga Jurusan Elektronika telah memiliki Jaringan internet tersendiri, jadi kita bisa mengakses internet pada jaringan hotspot Elektronika. bahkan bisa dikatakan bahwa Mahasiswa dari Jurusan Elektronikalah pada saat ini di UNP yang paling banyak menggunakan fasilitas internet, karena banyaknya mahasiswa yang membutuhkan koneksi internet, baik untuk mencari tugas kuliah, atau untuk penunjang proses belajar mengajar.

Karena itu saat ini bisa dikatakan hampir 40% mahasiswa jurusan Elektronika telah punya laptop agar bisa mengakses jaringan Internet, ini bisa dilihat banyaknya Mahasiswa yang menggunakan fasilitas internet tiap harinya di Jurusan Elektronika. Mengingat jumlah pengguna yang banyak Elektronika memiliki jaringan server yang cukup banyak, sehingga mahasiswa bisa memilih ingin memakai jaringan yang mana. Jadi dengan adanya server jaringan yang cukup banyak, koneksi internet tidak akan terganggu jika banykanya pemakai. Terhitung server jaringan yang aktif dan terjangkau di Elektronika ada sekitar 6 jaringan. Jadi bagi yang ingin memakai koneksi dari jaringan mana bisa memilih tanpa harus tergantung pada satu jaringan server saja.

Walau saat ini sudah ada beberapa jurusan lain di UNP yang sudah memiliki server jaringan tersendiri, tapi jaringan Elektronikalah yang paling banyak  dapat diakses, jadi tidak hanya ada satu jaringan saja. Makanya juga banyak Mahasiswa yang Non Elektronika mengakses jaringan dari jurusan Elektronika. Oleh karena itu Jurusan Elektronika bisa cukup berbangga, karena sudah memiliki jaringan hotspot yang cukup banyak dan bebas untuk diakses, walaupun untuk saat ini daerah jangkauannya masih terbatas.

Untuk karena itu harusnya Elektronika mulai memperluas jangkauan jaringannya, jadi bisa diakses dalam range yang cukup jauh, jadi tidak hanya terbatas pada lingkungan Jurusan Elektronika saja. Seperti yang pernah dijanjikan dahulu, bahwa Elektronika akan memiliki jaringan yang bisa diakses dalam radius kurang lebih 5Km. Tapi pada kenyataannya hal tersebut belum terlaksana, walaupun menara servernya sudah berdiri, tetapi fasilitasnya belum bisa dinikmati, hanya sebatas pada lingkungan jurusan saja. Dan karena semakin banyaknya Mahasiswa yang menggunakan fasilitas internet ini, jaringan pun agak terhambat karena lambat dan kurang cepat. Hal ini sebenarnya dapat diatasi jika nantinya janji untuk memperluas jaringan tersebut dapat terlaksana, ataupun ditambahnya server jaringan yang baru.

Mudah-mudahan semuanya dapat segera terealisasikan, untuk kemajuan Jurusan Elektronika sendiri. Jadi Elektronika bisa menjadi Trend Center untuk perkembangan jaringan internet di kampus UNP…Amiin.

Maju terus Elektronika….!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: