Operating System Microsoft Windows


Microsoft perusahaan software komputer paling besar di dunia selama ini dianggap sebagai penghasil sistem operasi yang baik, dan paling banyak digunakan oleh setiap orang di seluruh dunia, Microsoft dalam penjualan sistem operasi menguasai hampir 90% pasar dunia, mengalahkan produk Machintosh Apple, dan Linux. Sistem operasi keluaran Microsoft dianggap sangat bersahabat dan gampang diaplikasikan, karenanya banyak para netter komputer menggunakan OS keluaran Microsoft ini sebagai pilihan untuk Sistem Operasi komputernya. Microsoft Windows yang berevolusi dari MS- DOS yang berbasis modul teks dan command line ini menjadi sebuah sistem operasi yang berdiri sendiri, dalam arti kata tidak bergantung pada sistem MS DOS lagi, yang dimulai dengan lahirnya Windows NT, 98, 2000, Windows Server, XP,Vista, dan kini Windows 7 yang semuanya kini telah berbasis grafik ( Graphical User Interface ).

Namun dibalik segala kesuksesannya, Microsoft ternyata tidak dapat menyangkal bahwa setiap produknya pasti rentan terhadap serangan virus, ataupun bentuk penyerangan dari luar seperti Spyware. Hal ini bukan sekedar ungkapan untuk menjatuhkan Microsoft, namun melalui fakta yang berkembang dari orang – orang yang telah lama menggunakan produk Microsoft, seperti pengguna Windows XP, ataupun Vista yang banyak digunakan sebagai Operating System. Mereka menganggap produk Windows tidak memiliki system perlindungan terhadap komputer secara maksimal,walaupun telah menyertakan fitur Windows Firewall, sebagai tembok pertahanan komputer, namun pada kenyataannya masih bisa untuk dijangkiti virus, bahkan bisa dibilang system Windows sangat lemah terhadap serangan2 virus, dan spyware sehingga dapat dengan mudah di masuki dari luar oleh hacker.

Memang pertahanan terhadap komputer bisa dibantu dengan menggunakan antivirus, yang sekarang sudah banyak yang menyediakan fitur-fitur perlindungan terhadap komputer secara lengkap, namun tentunya walau bagaimanapun virus pasti bisa untuk menyusup kedalam komputer kita walaupun kita menggunakan produk antivirus, karena virus lebih cerdik daripada antivirus, sebab virus terus berkembang tiap harinya dan makin banykanya tool-tool membuat virus yang gratisan sehingga banyak yang mencoba untuk memuat virus. Para pembuat virus tentunya menjalankan virus buatannya melalui sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan dan juga sangat mudah ditembus oleh virus. Akibatnya tidak salah bahwa produk Windows merupakan yang paling sering dan paling banyak diserang oleh virus.

Ternyata bukan hanya System Operasinya saja yang rentan terhadap virus, program-program bawaan Microsoft pun ada yang dapat ditembus virus dengan mudah, seperti program Browser internetnya, Internet Explorer yang sangat rentan terhadap serangan luar ataupun virus2 yang masuk dari luar saat browsing internet, karena lemahnya sitem proteksi pada produk IE tersebut, walaupun Microsoft telah memperbaharui versi IE, sampai kini yang terbaru ialah IE 8 Beta. Namun walau begitu menurut ujicoba produk tersebut juga masih rentan terhadap masuknya serangan dari luar. Sehingga banyak para pencinta browsing memilih tool browsing yang lain dan lebih aman, seperti Mozilla, Apple, dan Google Chrome.

Bukan itu saja, virus-virus kini juga bisa dengan mudah merasuki system Windows dengan cara membuat file atau extensi virus yang persis sama dengan program2 Windows, salah satunya adalah Microsoft Office, software punya Microsoft ini dapat dengan mudah ditiru oleh Virus bentuk filenya dan juga dapat dengan mudah diserang virus, yang kita kenal dengan virus Boot.exe yang merusak file office seperti Ms.Word. Selain menyerang file-file Word, ada juga virus yang memiliki bentuk dan ekstensi seperti gambar jpg yang menyerang file-file gambar kita, dan juga kini ada virus yang menyerang file Winamp, yang meniru bentuk file dari pemutar lagu tersebut. Namun jenis virus exe­ merupakan jenis extensi virus yang paling banyak menyebar di komputer-komputer yang menggunakan operasi Windows. Dan para pengguna komputer tidak bisa membedakan mana file yang berisi virus ataupun tidak, karena program bawaan Windows sendiri banyak yang memiliki extensi exe, sehingga menyulitkan para pengguna komputer untuk membedakannya. Selain extensi exe juga ada vbs yang juga merupakan bawaan Windows, tetapi juga extensi untuk jenis virus tertentu.

Mungkin inilah kelemahan dari Microsoft pada Operating Systemnya, karena Windows memiliki file2 dengan jenis extensi exe yang dapat dengan mudah ditiru oleh para pembuat virus, sehingga segala jenis file dengan extensi exe yang masuk pada komputer dapat diterima, berbeda dengan sistem operasi Linux, yang terbukti sangat sulit untuk dimasuki virus ataupun serangan dari luar karena Sistem Operasi Linux tidak mengenal file-file yang berextensi exe ataupun vbs. Jadi setiap file yang memiliki ekstensi tersebut tidak akan dapat berjalan pada Linux, oleh karena itu Linux tidak dapat dimasuki oleh virus, sehingga kita tidak perlu menggunakan antivirus. Selain itu kelemahan Microsoft ialah sistem operasinya menyatu dengan systemnya, sehingga jika sistem operasi rusak maka system juga ikut rusak, dan begitu juga sebaliknya. Berbeda dengan sistem operasi Linux yang terpisah dari sistemnya, sehingga jika sistem rusak maka kita masih bisa menjalankan Linux.

Untuk itu tidak salah banyak orang yang mulai beralih pada OS Linux, karena selain simple karena tidak perlu diinstal pada system dan juga aman dipakai untuk jaringan dan internet karena aman dari ancaman virus ataupun Spyware. Mengingat kenyataan di atas Microsoft harus berbenah diri untuk merubah sistem operasinya sehingga aman digunakan, karena bukan tidak mungkin Linux akan bisa menggantikan Microsoft menguasai pasar dunia untuk sistem operasi, dengan kelebihan yang dimiliknya daripada Microsoft.

    • zhulachmad
    • November 23rd, 2010

    wah,trnyata linux Mmang oke..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: