PROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS


Bagi kebanyakan orang kini telah menggunakan flash disk sebagai media pertukaran file yang sangat efektif. Bahkan kini mungkin tak ada orang yang tak memiliki flash disk, karena mengingat kebutuhan transfer data yang sangat meningkat, sepeti transfer gambar, lagu, video dan sebagainya.

Namun bagi kebanyakan orang tidak memahami bahaya virus ataupun worm yang dapat menyebar melalui media flash disk, akibat terlampau sering sembarangan memasukkan flash disk ke komputer. Karena flash disk kini adalah sarana yang efektif bagi virus atau worm yang akan menginfeksi komputer kita, melalui fasilitas autorun yang aktif pada komputer kita.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa trik yang dapat dilakukan memproteksi komputer dari virus ataupun worm yang menyebar melalui flash disk:

1.      Sebaiknya matikan fasilitas autorun yang ada pada komputer, karena fasilitas ini adalah salah satu cara paling ampuh dalam penyebaran virus melalui komputer. Ada beberapa cara untuk mematikan fasilitas autorun in, diantaranya:

–          Buka Run –  ketik gpedit.msc, lalu Enter, sehingga akan masuk ke jendela Group Policy. Perhatikan gambar berikut,

14

25

–          Pada jendela Group Policy klik Administrative Templates yang terdapat pada Local Computer Policy, sehingga akan tampil gambar seperti berikut :

34

–          Klik File System yang terdapat pada jendela Administrative Templates tersebut, sehingga akan tampil berbagai settingan aplikasi yang terdapat pada system kita. Lalu klik setingan Turn Off Autoplay

44

–          Setelah klik Turn Off Autoplay maka akan tampil tampilan pengaturan Turn Off Autoplay Properties seperti berikut :

55

–          Pada settingan awal akan terlihat fasilitas Autoplay kita Not Configured atau berarti belum diatur, maka untuk mematikan fasilitas ini centang pada pilihan Enabled, yang berarti kita mematikan fasilitas Auto Play, dan pada tampilan Turn Off Autoplay on pilih settingan All Drives, yang berarti kita mematikan autoplay untuk seluruh drive yang akan masuk ke komputer kita. Lalu klik OK .

62

( Nb: cara ini hanya berlaku pada Win 2000/ME/ Xp ).

  • Adapun cara kedua yang dapat dilakukan untuk mematikan fasilitas Autorun pada komputer kita adalah sebagai berikut :

–          Buka menu – Run, lalu ketik regedit lalu Enter, sehingga akan muncul jendela registry Editor seperti gambar berikut :

71

82

–          Setelah itu navigasi ke registry berikut ini:

HKLM\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer.

Cari entry NoDriveTypeAutorun, bila tidak ada buat sebuah DWORD Value baru caranya, klik Menu Edit – Pilih New – dan klik pilih file name DWORD Value, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut:

91

Isi New Value tersebut dengan NoDriveTypeAutorun lalu Enter. Setelah itu klik 2x folder baru tersebut, sehingga muncul Edit DWORD Value, dan isi pada kolom value data dengan ” ff “(tanpa tanda kutip ), lalu klik OK. Seperti pada gambar berikut :

101

–          Setelah itu tutup registry Editor tersebut, dan Restart komputer anda, sehingga nantinya secara otomatis program autorun anda tidak akan aktif.

2.      Proteksi FlashDisk yang selalu masuk ke komputer anda bisa dilakukan dengan menscan dengan menggunakan antivirus. Tapi hal tersebut sangat merepotkan dan terkadang memakan waktu yang lama. Ada cara singkat yang dianggap berguna untuk mengetahui apakah terdapat virus yang masuk ke dalam komputer kita, yaitu dengan membuka command prompt pada menu run, dengan mencek directory yang ada pada flash disk.

  • Buka run – ketik cmd lalu tekan Enter, lalu akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

112

121

  • Lalu ketikkan nama Drive pada flash disk yang masuk pada komputer. Misalkan berada di drive G:\. Maka ketikkan G:\, lalu Enter. dan ketikkan dir, tekan Enter, maka akan muncul nama2 directory yang terdapat pada flash disk. Setelah itu ketikkan attrib dan Enter, maka akan muncul semua file dan directory yang ada pada flash disk. Disana kita bisa melihat apakah ada virus ataupun worm yang bersembunyi pada flash disk tersebut. Perhatikan gambar berikut ini :

131

141

Dari gambar diatas kita bisa melihat jika ada terdapat virus pada flash disk, sehingga kita bisa memproteksi komputer kita tanpa harus menscan, cukup dengan melihat directory yang terdapat di dalam flash disk.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: