ENCARTA MUNDUR….?


103744p1 (http://www.infokomputer.com)

Microsoft Corp tepat di akhir Maret mengumumkan rencananya yang akan menutup media  ensiklopedi Encarta pada akhir tahun ini. Padahal Encarta telah menjadi bahan referensi selama bertahun-tahun dan disediakan secara bebas di internet layaknya sang kompetitor, Wikipedia.

Meski muncul pertama kali pada tahun 1993, Encarta akhirnya harus berjuang menghadapi sang pesaing Wikipedia yang lahir pada tahun 2001. Penutupan Encarta tersebut bisa jadi karena Encarta kalah bersaing dengan Wikipedia yang lebih memberi kebebasan kepada penggunanya. Pada Wikipedia, pengguna dapat melakukan perbaikan input konten (update). Lain halnya pada Encarta, di sini pengguna mesti melewati editor Encarta sebelum akhirnya artikel dari pengguna tersebut di input ke dalam database.

“Orang sekarang ini mencari dan mengkonsumsi informasi dengan cara yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya,” ujar pembuat software melalui pemberitaan yang diposting pada situs MSN. Situs Encarta di seluruh dunia (kecuali Encarta Jepang) rencananya akan ditutup pada 31 Oktober, sedangkan Encarta Jepang akan ditutup per 31 Desember tahun ini.

Pemotongan biaya dan peringatan penurunan keuntungan terjadi pada dua kuartal ke depan. Oleh karenanya Microsoft berencana bakal menghentikan penjualan produk-produk perangkat lunak Encarta mulai bulan Juni 2009.

Waw…berarti wikipedia benar-benar dashyat,sampe-sampe Encarta aja yang udah lama berdiri aja bisa dibikin kapok,ampe2 mundur dari dunia informasi ensiklopedi.. berarti bisa dihitung tuh, berapa kerugian Microsoft….??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: