GOOGLE WAVE AKAN TANDINGI FACEBOOK


logo-icon

Siapa yang tidak tahu tentang google, situs pencari nomor satu di dunia. Kini Google kembali akan memperkenalkan fitur terbarunnya, setelah beberapa waktu lalu merilis google untuk memuat berita online, kini kembali hadir dengan fitur yang diberi nama Google Wave. Google Wave ini sendiri disinyalir hadir untuk menyaingi Facebook sebagai situs jejaring sosial raksasa yang sedang naik daun.

Google Wave adalah sebuah fitur untuk komunikasi dan kolaborasi di internet/web yang memungkinkan penggunanya bisa berinteraksi dengan semua teman dari seluruh dunia. Para pengguna Google Wave pun bisa memilih siapa saja teman yang akan diajak berkomunikasi atau berkolaborasi. Ide meluncurkan Google Wave ini menurut pihak Google muncul setelah kehadiran Facebook mampu menggeser fungsi Google sebagai mesin pencari. Sebagai contoh, kini para pengguna internet lebih memilih Facebook untuk memilih restoran terbaik, atau transaksi barang. Facebook tentu saja dianggap lebih memberikan informasi yang akurat dan benar, karena didapat dari teman yang bisa dipercaya. Alasan inilah yang membuat Google mengambil langkah  agar tidak kehilangan peminat internet.

Oleh karena itu, Google pun segera akan meluncurkan Google Wave. Google Wave sendiri sebenarnya adalah gabungan antara E-mail dan Instant Messaging, yang bisa dipakai untuk berbagi foto, video, dan komentar. Sekilas fitur Google Wave ini mirip dengan tampilan Facebook. Namun, bedanya sharing foto ataupun video tersebut bisa diatur oleh pengguna kepada siapa saja akan di-share, tidak seperti di Facebook, hanya bisa untuk kita pribadi. Google Wave ini juga dilengkapi dengan fitur “Real Time Collaboration” sehingga setiap pengguna bisa melakukan edit terhadap datanya atau menambahkan komentar pada saat yang bersamaan. Hal ini hampir sama dengan fitur Instant Messaging pada Yahoo!.

Selain itu juga terdapat fitur “Natural Language Processing” yang bisa mengkoreksi kata-kata yang salah ketik dengan cara memberikan saran kata lain yang mungkin dirasa lebih tepat. Jika kita lihat fitur ini hampir sama dengan yang ada di Microsoft Word. Waw…!! berarti kita ga akan salah ketik lagi kalo ngirim coment ke orang lain, apalgi pake bahasa inggris, karena akan langsung dikoreksi.

Dengan semua kelebihan yang ditawarkan oleh pihak Google, bukan tidak mungkin nantinya kehadiran Google Wave bisa menandingi Facebook sebagai “the next social networking”. Kita lihat saja nanti siapa yang lebih laris…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: