MEMBUKA SITUS YANG DIBLOKIR


Mungkin sebagian dari anda pernah merasa kesal karena situs – situs yang ingin anda kunjungi ketika browsing di internet di blokir oleh server jika berada dalam suatu jaringan LAN atau hotspot. Situs-situs yang mungkin di blokir oleh server tersebut misalnya, www.youtube.com , www.indowebster.com , dll. Sebagai contoh di kampus saya situs-situs kesayangan saya seperti indowebster, astalavista, dan facebook diblok oleh server pada jam – jam tertentu. Hal ini tentu saja membuat kita merasa kesal karena aktivitas kita berinternet seperti dibatasi, dan mungkin bagi sebagian orang lebih memilih untuk main di internet karena bebas mau buka situs apa saja.

Tapi tentunya, sebagai seorang mahasiswa (apa hubungannya coba…?:) saya juga ingin tahu lebih jauh untuk bisa membuka situs yang di blok tersebut, memang banyak sih situs-situs untuk meng hide proxy kita jadi kita bisa membuka situs yang d blok tersebut, seperti www.proxyninja.com , www.hidemyass.com , dll, namun saya merasa cara tersebut kurang efektif, karena selain waktu yang dibutuhkan untuk membuka situs jadi semakin lambat, karena situs yang ingin kita buka harus melalui situs penghubung tersebut, dan juga untuk beberapa situs seperti indowebster, jika kita ingin melakukan download file ga akan bisa, karena fungsi situs-situs yang saya sebut diatas hanya sebagai penghubung, dalam artian tidak membuka seluruh fungsi dan aplikasi dari situs yang ingin kita kunjungi, jadi kita hanya bisa membuka untuk sekedar melihat – lihat saja, tidak untuk melakukan aktivitas apapun.

Dan akhirnya setelah lama browsing – browsing di om Google, ketemu juga cara untuk mengakses situs yang di blokir oleh server, tanpa harus melalui link penghubung seperti di atas. Salah satu cara yang saya temukan, dan saya rasa paling simple dan efektif adalah dengan menggunakan IP Proxy Server. Apaan seh IP Proxy server tersebut…?? Nah menurut wikipedia dan juga om Google, Proxy server pada dasarnya adalah sebuah komputer server atau program komputer yang bisa bertindak sebagai komputer komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari jaringan internet ataupun intranet. Proxy server sebenarnya bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak akan terlihat dari komputer klien. Seorang pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah requset datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari sebuah proxy server.

Nah..sekarang pertanyaannya bagaimana sih untuk menyetting Proxy server tersebut…?? Berikut akan saya jelaskan cara menyetting proxy server pada browser internet anda…

· Pada Internet Exploler :

Buka Menu Tools >> Lalu pilih Internet Options >> dan pilih tab Connections.

Setelah terbuka jendela Connections tadi, klik LAN Setting >> Lalu beri tanda centang pada opsi “ Automatically detect setting “ >> kemudian pada menu Proxy server, centang pilihan “ Use a proxy server for LAN”.

Selanjutnya isi alamat proxy server anda, misal : 202.193.168.110 dan port : 6588. Lalu terakhir centang “Bypass proxy server for local address” , dan klik OK.

· Pada Mozilla :

Buka menu Tools >> pilih Options

Kemudian pilih tab Advanced >> pilih tab Network >> dan pilih Setting

Pilih opsi “ Manual proxy configurations “ >> setelah itu isikan alamat dari IP Proxy server anda, misalnya : 202.193.168.110 dan portnya : 6588.

Terakhir beri tanda centang pada “ Use this proxy for all protocol

Nah.. selanjutnya jika anda tinggal membuka situs yang tadi ingin anda kunungi..dan selamat bersurfing ria di internet tanpa hambatan….(he..he…).

( Sebagai catatan : untuk mencari alamat dari IP Proxy server, silahkan cari di om Google dulu, masukkan keywords “ free proxy server “. Kemudian pilihlah IP yang memiliki koneksi yang bagus dari negara-negara terdekat ( saran saya pilih dari Australia, Thailand ato Pakistan ) karena koneksinya bagus dan stabil…).

Thanks…Semoga bisa bermanfaat..:-)

    • dani
    • July 20th, 2009

    tetep gak bisa mas. apa alamat lain gak!

      • dirgaworm
      • July 24th, 2009

      To Dani :
      alamat proxy nya udah diganti ama alamat proxy luar belum?
      kalo blm, cari di google dulu untuk dapetin proxy luar. Kalo make proxy lokal tetap ga bisa….
      ato ada cara lain buat buka situs yang di blok :
      Buka Command Prompt >> ketik ping (alamat situs ) >>
      cth : ping http://www.indowebster.com. Setelah itu Copy aja alamat ip yg tampil di link baru….

    • Yuda Irawanto
    • September 4th, 2009

    aku udah coba pake ping tetuteup gak bisa pak.

    aku coba pake free poxy lambretanya setengah mokat.

    makin lama makin sebel ama org IT. kemarin udah bisa di aku hack tapi ketahuan trus mereka blok lagi.

    so sekarang lagi giat cari alternative lain nih.

    mungkin ini salah satunya… dicoba dulu ya pak… tar aku up date kelanjutannya…

    thanks nice ingpo

      • dirgaworm
      • September 9th, 2009

      Emang ia seh….
      tergantung kita make jaringan apa…dimana kita main…
      kalo dikampus saya seh….
      biasanya kalo bka situs2 yg di block gw pake proxy situs sendiri….
      ntr bakal gw update deh postnya….
      bisa sharing aja…

    • Segoro
    • October 1st, 2009

    Pak kalo kita buka situs2 yang dilarang tadi khan akhirnya katauan ama orang IT, gimana cara ngapus (ngilangin jejak setelah buka situs2 tsb di server IT?

      • dirgaworm
      • October 17th, 2009

      To segoro..: tergantung mas main dimana???
      kalo di kampus ato di kantor, apus aja history nya… ato pakai software hide IP kalo takut ketauan ama admin…….:)
      biar ga di blokirnya….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: