Mengenal SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)


SMTP singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Ini adalah seperangkat pedoman komunikasi yang memungkinkan perangkat lunak untuk mengirimkan email melalui Internet. Kebanyakan perangkat lunak email dirancang untuk menggunakan SMTP untuk tujuan komunikasi ketika mengirim email, dan ini hanya bekerja untuk pesan keluar. Ketika orang menyiapkan program email mereka, mereka biasanya akan harus memberikan alamat SMTP server penyedia layanan Internet mereka untuk surat keluar. Ada dua protokol lain – POP3 dan IMAP – yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan email.

SMTP menyediakan satu set kode yang menyederhanakan komunikasi pesan email antara server. Ini semacam singkatan yang memungkinkan server untuk memecah berbagai bagian pesan ke kategori server lain bisa mengerti. Setiap pesan email memiliki pengirim, penerima – atau kadang-kadang beberapa penerima – tubuh pesan, dan biasanya judul pos. Dari perspektif pengguna, ketika mereka menulis pesan email, mereka melihat antarmuka licin perangkat lunak email mereka, tetapi begitu pesan yang keluar di Internet, semuanya berubah menjadi string teks. Teks ini dipisahkan oleh kata-kata kode atau nomor yang mengidentifikasi tujuan setiap bagian. SMTP memberikan kode-kode, dan perangkat lunak server email ini dirancang untuk memahami apa yang mereka maksud.

Tujuan lain dari SMTP adalah untuk mengatur aturan komunikasi antara server. Sebagai contoh, server memiliki cara untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan mengumumkan jenis komunikasi mereka mencoba untuk melakukan. Ada juga cara untuk menangani error, termasuk hal-hal umum seperti alamat email yang salah. Dalam sebuah transaksi SMTP khas, server akan mengidentifikasikan diri, dan mengumumkan jenis operasi mereka berusaha untuk melakukan. Server lain akan kuasa operasi, dan pesan akan dikirim. Jika alamat penerima salah, atau jika ada beberapa masalah lain, server penerima dapat membalas dengan pesan error dari beberapa jenis.

SMTP diciptakan pada tahun 1980-an dan itu dibangun di sekitar konsep dasar komunikasi server yang kembali ke 1970-an. Pada masa itu, Internet adalah komunitas yang sangat tertutup, sebagian besar terdiri dari lembaga ilmuwan dan pemerintah. Orang-orang dalam kelompok ini umumnya dipercaya satu sama lain, sehingga SMTP memiliki beberapa lubang keamanan yang longgar. Sebagai contoh, adalah relatif mudah untuk mengirim pesan dengan alamat pengirim palsu. Ini adalah bagaimana virus email berbasis banyak menyebar. Seseorang mungkin menerima pesan yang mereka anggap datang dari seorang teman, ketika orang lain sebenarnya mengirimnya. Ada beberapa perbaikan yang dilakukan ke email perangkat lunak server untuk menebus kelemahan ini, tetapi masih dapat menyebabkan beberapa masalah.

Kekuatan terbesar dari SMTP adalah kehandalan dan kesederhanaan. Sangat mudah untuk membuat perangkat lunak yang menggunakan aturan komunikasi SMTP, dan mendapatkan pekerjaan dilakukan. Pesan baik sampai ke penerima, atau ada pesan kesalahan yang menjelaskan mengapa hal itu tidak mungkin. Kebanyakan server hari ini sebenarnya kami sedikit versi update dari protokol SMTP disebut ESMTP (Extended Simple Mail Transfer Protocol). Ini diciptakan untuk memungkinkan transmisi multimedia melalui email. Ketika seseorang mengirim file gambar atau musik melalui program email mereka, kode komunikasi ESMTP digunakan untuk mengidentifikasi jenis data yang ditransfer.

Hubungan antara SMTP dan IIS

SMTP dapat digunakan untuk meneruskan email dari satu host ke host yang lain SMTP SMTP. SMTP tidak bisa mengirim email langsung ke klien. klien Mail menggunakan POP3 atau IMAP untuk menerima e-mail. Windows Server 2003 mencakup layanan POP3 untuk menyediakan klien dengan kotak surat, dan untuk menangani e-mail masuk. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) merupakan layanan utama sebagai bagian dari IIS, melakukan fungsi utama, dan memiliki karakteristik yang seperti yang coba dijelaskan di bawah ini:

A.      IIS ini memungkinkan mesin untuk beroperasi sebagai SMTP host untuk meneruskan e-mail melalui Internet. IIS dapat dimanfaatkan sebagai pengganti Sendmail.

B.      SMTP memungkinkan mesin IIS untuk melindungi server mail seperti Microsoft Exchange server dari serangan berbahaya oleh operasi antara server dan host Sendmail di ISP organisasi.

C.    SMTP tidak menyediakan kotak surat kepada pengguna, juga tidak proses e-mail masuk. E-mail masuk dan penyimpanan e-mail ini ditangani oleh server mail, seperti server Microsoft Exchange yang mencakup dukungan untuk IMAP dan POP3. Windows Server 2003 termasuk layanan POP3.

D.  Agar dapat menggunakan SMTP sebagai komponen dari IIS(Internet Information Services) , Anda harus menginstal layanan SMTP pertama jika Anda menjalankan Windows 2003 Server Edition selain Windows Server 2003 Web Edition. Layanan SMTP diinstal pada Edition Windows Server 2003 Web secara default.

E.    Untuk mengkonfigurasi dan mengelola layanan SMTP di IIS, Anda dapat menggunakan:

#Manajer IIS

#Web browser menggunakan SMTP Service Manager (HTML).

F.    Layanan SMTP terintegrasi penuh dengan peristiwa dan pemantauan kinerja dari Windows Server 2003.

Pesan dari layanan SMTP dibuat saat Anda menginstal layanan pada IIS. SMTP menggunakan struktur direktori untuk proses mail. Folder yang dibuat dalam struktur direktori InetpubMailroot  tercantum di bawah ini:

Pickup: Layanan proses SMTP pesan dari folder Pickup sebagai pesan outbound atau sebagai pesan untuk pengiriman. Jika pesan ini ditujukan untuk pengguna yang merupakan anggota dari domain lokal yang dikelola oleh dinas SMTP, layanan SMTP bergerak pesan ke folder Drop.

Drop: pesan masuk yang ditujukan untuk domain lokal ditempatkan dalam folder Drop. Hal ini berlaku untuk semua penerima karena layanan SMTP tidak memelihara kotak surat untuk setiap penerima.

Antrian: Pesan yang tidak dapat segera disampaikan digerakkan oleh layanan SMTP ke folder Antrian dari folder Pickup. Layanan SMTP berulang kali upaya pengiriman pesan yang disimpan dalam folder Queue.

Badmail: The kali Badmail folder bisa menyimpan pesan yang tidak diteruskan ke penerima, bahkan setelah upaya telah dibuat untuk sejumlah yang telah ditentukan. Karakteristik lain dari pesan dalam folder Badmail adalah bahwa pesan tidak dapat dikembalikan ke pengirim pesan-pesan oleh SMTP. Ini berarti bahwa administrator harus menangani pesan yang berada di toko Badmail pesan.

Peristiwa yang terjadi ketika proses SMTP mail yang tercantum di bawah ini:

  1. Layanan SMTP, smtpsvc.dll, berjalan di-proses dalam proses IIS Inetinfo.exe.
  2. Smtpsvc.dll monitor port TCP 25 untuk setiap pesan masuk.
  3. Ini monitor folder Pickup untuk semua pesan keluar.
  4. SMTP tempat pesan untuk pengguna yang merupakan anggota dari domain lokal yang mengelola dalam folder Drop untuk pengiriman.
  5. Jika pesan harus dikirim ke pengguna yang adalah anggota dari sebuah domain yang berbeda atau remote, aplikasi ASP harus membuat dan menempatkan pesan keluar dalam folder Pickup. Hal ini dilakukan melalui aplikasi ASP menggunakan CDOSYS.
  6. Layanan SMTP kemudian melakukan DNS lookup pada server nama sehingga dapat menemukan host SMTP yang mengelola domain remote. port yang digunakan fr proses ini adalah port 53. Memeriksa layanan SMTP untuk data MX untuk domain remote.
  7. Setelah nama domain berkualifikasi lengkap (FQDN) dari host remote SMTP ditentukan, upaya layanan SMTP untuk membuat koneksi dengan host SMTP jauh untuk mentransfer pesan untuk penerima untuk itu. Port 25 digunakan untuk transfer pesan.
  8. Jika koneksi tidak dapat dibangun dengan host remote SMTP, layanan SMTP tempat pesan dalam folder Queue.
  9. Jika sambungan dapat dibentuk dengan host remote SMTP tetapi koneksi ditolak oleh SMTP host remote, pemain depan layanan SMTP pengirim pesan laporan non-pengiriman (NDR), dan mengembalikan pesan juga. Pesan akan ditempatkan dalam folder Badmail jika tidak dapat dikembalikan ke pengirim.

10.  Jika sambungan dapat dibentuk dengan SMTP host remote dan host remote SMTP menerima koneksi, transfer layanan SMTP pesan ke host remote SMTP.

11.  Setelah pesan tersebut diterima oleh SMTP host remote itu dikirim ke server POP3 atau IMAP mail yang berisi kotak surat dari penerima yang dimaksud.

12.  Pesan-download bila klien terhubung ke POP3 atau IMAP server mail.

Cara Instal layanan SMTP sebagai komponen IIS

Seperti disebutkan sebelumnya,  untuk menggunakan SMTP, pertama Anda harus menginstal layanan SMTP jika Anda sedang menjalankan Windows Server 2003 Standard Edition atau Windows Server 2003 Enterprise Edition.

Untuk menginstal layanan SMTP :

Tempatkan Windows Server 2003 CD-ROM ke dalam drive CD-ROM.

Klik Start>>Control Panel, dan klik Add / Remove Programs.

Klik Add / Remove Windows Components pada Add Remove Programs Atau kotak dialog.

Klik Application Server di kotak dialog Komponen Windows, kemudian klik tombol Details.

Aplikasi Server kotak dialog muncul berikutnya.

Klik IIS >> lalu pilih  Details.

Klik kotak centang SMTP Service.

OK.

Selanjutnya Buka IIS Manager.

Pastikan bahwa node SMTP Virtual Server muncul

Ketika Anda menginstal layanan SMTP di IIS, struktur direktori SMTP dibuat, serta Server SMTP Default Virtual. Melalui mengkonfigurasi Default SMTP Virtual Server, pesan dapat diteruskan ke SMTP domain ganda. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk menjadi host  beberapa server SMTP virtual pada satu mesin untuk meneruskan pesan email.

Cara mengkonfigurasi server SMTP virtual

Untuk membuat server SMTP virtual :

  1. Buka IIS Manager.
  2. Cari komputer, klik kanan Default SMTP Server, pilih New, kemudian Virtual Server dari shortcut menu.
  3. The New SMTP Virtual Server Wizard inisiat.
  4. Masukkan nama untuk situs SMTP. Klik Next.
  5. Pada halaman IP Pilih Address, masukkan pengaturan alamat IP untuk situs SMTP. Klik Next.
  6. Masukkan path ke direktori home untuk server SMTP. Klik Next.
  7. Memberikan nama domain untuk server SMTP. Klik Next.
  8. Klik Finish.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: