Mengenal Data Encryption Standard (DES)


DES merupakan algoritma enkripsi yang dikembangkan oleh  NIST (National Institute of Standards and Technology) sebagai standar pengolahan informasi Federal AS. Secara umum, Data Encryption Standard (DES) terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu pemrosesan kunci, enkripsi data 64 bit dan deskripsi data 64 bit, dimana satu kelompok saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Data dienkripsi dalam blok-blok 64 bit menggunakan kunci 56 bit, DES mentransformasikan input 64 bit dalam beberapa tahap enkripsi ke dalam output 64 bit. Dengan demikian, DES termasuk lama block cipher dengan tahapan pemakaian kunci yang sama untuk deskripsinya.

Gambar 1. DES Schedule       

Secara umum skema Data Encryption Standard (DES) memiliki dua fungsi input, yaitu :

  1. Plaintext untuk dienkripsi dengan panjang 64 bit.
  2. Kunci dengan panjang 56 bit.

Skema dari pemrosesan DES adalah seperti gambar berikut :

Gambar 2. Gambaran Umum Algoritma DES

Proses initial permutasi (IP) Plaintext ada tiga  :

  1. Plaintext 64 bit diproses di Initial Permutasi (IP) dan menyusun kembali bit untuk menghasilkan permutasi input.
  2. Langkah untuk melakukan perulangan kata dari plaintext sebanyak 16 dengan melakukan fungsi yang sama, yang menghasilkan fungsi permutasi substitusi, yang mana output akhir dari hal tersebut berisi 64 bit (fungsi dari plaintext dan kunci), masuk ke swap, dan menghasilkan preouput.
  3. Preoutput diproses, dan permutasi di inverse dari initial permutasi yang akan menghasilkan ciphertext 64bit.

Proses dari kunci 56 bit :

  1. Kunci melewati fungsi dari permutasi
  2. Pergeseran kunci untuk memilih perulangan permutasi kunci sebanyak 16 kali yang menghasilkan Subkey(Ki) yang diproses dengan kombinasi permutasi.
  3. Perbedaan dari Subkey(Ki) akan dilakukan pergeseran kunci yang menghasilkan kombinasi plaintext 64 bit dengan kunci 56 bit.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment