Tips Mengamankan Account Yahoo!


Setelah sekian lama nunda untuk nulis karena sibuk dengan berbagai macam kesibukan yg datang,seperti ngurusin kuliah, kerjaan,pacaran..(hehehe) kali ini mau nyoba lagi bikin tulisan, atau bisa dibilang artikel kecil lah..:)Saya mau nyoba bikin artikel tips tentang pengamanan account email kita. Tentu kita semua udah tau berita tentang hacker yang membobol atau bisa dibilang menyebarkan 453.000 account email pengguna Yahoo!. Hal ini tentu membuat Yahoo merasa kecolongan, karena selama ini dikenal memiliki proteksi yang kuat terutama melindungi privasi penggunanya.

Ok deeh..tanpa mau panjang-panjang basa basi lagi saya kali ini mau ngasih beberapa tips sederhana cara mengamankan akun email kita, terutama Yahoo! Cekidot…

Tips 1.  Selalu ketikkan URL situs di address bar untuk masuk ke situs. Jangan pernah mengklik hyperlink untuk memasukkan situs login email yang bersangkutan, karena itu biasanya website spoofing yang menipu kita dengan menampilkan situs yang hampir mirip dengan situs aslinya, tapi kenyataannya kita udah masuk ke ‘lubang buaya’.hehehe

Tips 2.  Cara ini sebenarnya yang cukup penting namun sering diabaikan, yaitu penggunaan password. Selalu gunakan kombinasi password yang rumit dalam setiap akun apapun yang kita miliki, terutama email. Gunakan kombinasi password minimal 8 karakter atau lebih, dan dengan kombinasi angka dan huruf atau simbol-simbol namun mudah diingat.

Tips 3.  Untuk memastikan situs Yahoo tersebut asli atau tidak, kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

  1. Masuk dan Login ke akun Yahoo seperti biasa.
  2. Setelah login pergi ke Account Info >> klik Create a sign in seal
  3. Di bagian Create a text seal ketik sebuah alamat yang mudah untuk diingat. Dan dibagian Upload Image masukkan gambar/foto anda yang akan dipasang di kota Login Yahoo.
  4. Nah setelah itu setiap akan login ke Yahoo kita akan bisa langsung melihat segel seal Yahoo tersebut.

Tips 4.  Ketika membuka Email Yahoo, lihat tanda kunci pada Email tersebut. Hal tersebut sebetulnya menunjukkan email tersebut sudah diverifikasi melalui DomainKeys dan email tersebut memang berasal dari Yahoo. Jadi jika Anda mendapat email apapun yang mengatasnamakan Yahoo perhatikan logo tersebut. Karena dengan adanya logo tersebut menandakan kalau Email tersebut asli kiriman dari Yahoo.

Tips 5.  Anda dapat menambahkan alamat email lain di Yahoo. Hal ini bisa berguna jika terjadi hal yang tidak dinginkan pada Email Yahoo Anda, disana juga ada nomor ponsel untuk menambah keamanan. Lalu apa gunanya email sekunder? untuk berjaga-jaga jika Anda lupa password, nantinya Anda akan membutuhkan Email sekunder agar dapat mereset password.

 Tips 6.  Amankan reset password Yahoo Anda dengan Security pertanyaan rahasia. Masukkan pertanyaan dan jawaban rahasia Anda disini. Buat yang sulit ditebak, namun mudah Anda ingat. Jangan nama orang tua / keluarga, karena biasanya hacker mudah mendapatkannya dari data Akun facebook atau Twitter. Buat pertanyaan dan jawaban anda sendiri, misal nama hewan :“doggykumati”.

Nah setelah mengikuti beberapa tips sederhana  ini semoga akun Yahoo kita semua bisa terlindungi dari tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencuri data pribadi kita atau bahkan hanya untuk sekedar iseng doank..:D Semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semua ..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: