Twittermu…Harimaumu…


Berselang  5 hari dari tulisan yang terakhir, sekarang niatnya mau nulis lagi sih,,tapi tiba2 ga dapat ide mau nulis apaan, ataupun mau sharing info apa…Tadi sempat ngeliat stats pengunjung blog, syukurnya viewernya tiep hari stabil ga pernah turun, tapi yang bikin heran adalah tulisan yang paling banyak dilihat adalah tulisan-tulisan lama saya, seperti tulisan tahun 2010 dan 2011 yang lalu, herannya tulisan terbaru gw paling sedikit di view,,padahal info yang saya kasih bisa dibilang up to date.  Fenomena yang aneh memang, yang dicari ternyata bukan tulisan baru tapi orang lebih suka yang lama..(padahal sama sekali ga aneh).

Soalnya orang biasanya mencari melalui kata kunci di Google dan kebetulan yang mereka cari adalah tentang topik-topik yang pernah saya posting dulu, dan kebetulan blog saya yang muncul..:). Naah,sekarang ne karena ide belum juga muncul saya pengen nulis seputar media sosial, khususnya Twitter.. Semua orang tentu udah pada tau apa itu Twitter,..? media sosial paling hot saat ini, bahkan mengalahkan hotnya Nikita Mirzani..:D (*eh,maap salah fokus*), maksudnya mengalahkan media sosial yang lebih dulu populer seperti Facebook..Twitter sebenarnya lebih kepada microblogging dibanding sosial media, karena sifatnya bukan situs pertemanan seperti FB, dan memang tujuannya bukan untuk menjalin pertemanan, tapi lebih kepada interaksi sosial antar sesama pengguna twitter. Twitter walaupun penggunanya di Indonesia masih kalah dibanding facebook, tetapi sekarang sudah jauh lebih populer, karena artis2 indonesia banyak yang memilih Twitter sebagai media interaksi mereka dengan para fans dan mereka sudah punya followers ratusan ribu bahkan jutaan, seperti @agnezmo, @sherinamunaf, @radityadika, dan banyak lainnya. Bahkan ketika merka hanya menulis 2 kata aja di twitter, pasti repon dari para followersnya akan sangat banyak, dan bisa di Retweet ratusan kali, begitu hebatnya efek Twitter dengan followers yang sangat banyak, sampai2 saya yg hanya punya followers 2 ribuan aja ngiri..:D

Sekarang bahkan orang setiap bangun tidur selalu sempat”in ngetweet,, lagi dijalan, kejebak macet sempat”in ngetweet sambil upload foto kemacetan, lagi nongkrong di Starbucks langsung update melalui Foursquare, memang jaman sekarang orang2 termasuk saya ga bisa lepas dengan yang namanya Twitter, bisa disebut addict lah. Setiap saat yang dipegang adalah gadget/HP, bukan untuk nungguin sms ato telpon, tapi buat ngetweet, seakan-akan ga mau melewatkan 1 menit pun untuk tidak terhubung ke Twitter, sekedar cek mention, nge-RT tweet2 artis idola, teman, atau bahkan stalking timeline (linimasa) mantannya..Hahaha *hayoo,,yang kayak gitu mana suaranya..?*. Di twitter kita memang bebas untuk berekspresi dan menumpahkan apapun yang ada dipikiran kita, tapi ada aturan2 yang harus dipatuhi juga dalm bertwitter, karena ini adalah media tanpa batas, siapapun bisa membaca tweet kita, karenanya pemilihan kata-kata harus dipilah dengan baik, jangan men-tweet kata2 yang kasar, menyinggung orang lain dan hal2 yang bersifat SARA.

Sebab tidak semua orang bisa mencerna tweet2 kita dengan pikiran yang positif, ada juga yang merasa tersinggung dan marah..,nah kalo gini terjadilah pertumpahan kata2 di timeline alias twitwar ato perang tweet…Perang tweet ne kalau tidak ada penengah bisa berlangsung berhari-hari, bahkan kalo orang yang berseteru saling ketemu bakal ada pertumpahan darah..(Lebaay). Untuk menghindari terjadinya twitwar, setiap pengguna twitter haruslah bijak dalam membuat tweet, kalau bisa buatlah tweet2 yang berisi kata2 bijak atau info2 penting, sehingga nantinya banyak yg akan meretweet bahkan kalau mereka tertarik mereka akan mem follow kita. Berikut adalah hal2 yang harus kita perhatikan dalam ber twitter, terutama untuk yang masih newbie :

1. Twitter itu ranah publik, bukan privat.  Resikonya: jika kita menghina orang lain (mesti tak sengaja) bisa saja dituntut  pencemaran nama baik.

2. Karena Twitter itu ranah publik, terapkan etika-etika di offline ke Twitter juga.  Jika menghina orang lain di depan umum dianggap tidak etis misalnya, jangan lakukan di Twitter. Itu sama aja kalian mencari lawan..

3. Karena keterbatasan 140 karakter, Twitter bukan media yang ideal untuk berdebat. Salah paham dan kehilangan konteks sangat mudah terjadi di sini. Makanya pergunakan karakter yg sedikit tadi dengan bijak..

4. Berbeda dengan pertengkaran lisan yang akan hilang bersama waktu dan lupa, twitwar akan tercatat meski bisa saja dihapus.  Namun jika terlanjur di RT, di-favoritkan, atau di-capture orang lain, akan tercatat selamanya.

Twitwar memang kesannya negatif karena seringkali terkait dengan masalah pribadi. Saling menyerang dan membuka aib. Karena itu, sebaiknya hindari twitwar jenis ini. Twitwar akan bermanfaat, jika tidak menyangkut masalah pribadi, tetapi yang berkaitan dengan kepentingan umum, misalnya memperjuangkan kepentingan publik, meningkatkan mutu pendidikan, ekonomi, politik dan lainnya.  Sepanjang kita ahli di bidangnya, twitwar itu mengasah cara kita mengolah kata2 dan logika dalam berpikir.

Naah,,gunakanlah Twitter dengan baik, untuk menjalin interaksi dengan siapapun, mencari teman2 baru, bahkan mencari jodoh pun sekarang udah bisa di twitter. Selamat bertwitter ria, dan ingat : “tweetmu harimaumu” , makanya tweetlah dengan kata2 yang baik. Sekian tulisan yang ga penting ini, semoga yang membaca tidak pusing yaa…

Ketemu lagi nanti di tulisan selanjutnya, yang insya Allah akan lebih baik dari ini,,dan tolong

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: