(Trick) Keajaiban Klik Kanan Pada Windows 8


Udah hampir 3 minggu ga posting tulisan baru dikarenakan belum nemu ide tulisan yang cocok buat di posting, mau update tentang Blackberry 10 tapi lagi males bikin review sendiri..:). Ntar aja kalo udah resmi diluncurkan, baru bikin reviewnya. Sekarang seputar Windows 8,, pada tau kan Windows 8…?Windows paling anyar besutan Microsoft yang kabarnya adalah OS WIndows terbaik yang pernah dibuat..(walau saya sebenarnya masih menempatkan Win.XP sebagai OS terbaik Windows). Kali ini saya akan coba ngasih tips dasar yang ada di Windows 8, walau begitu banyak tips dan trik yang bisa dicoba pada Windows ini, tapi buat kali ini tentang “Membuat opsi Shutdown dan Restart dengan Klik Kanan”..

Kebanyakan pengguna Windows 8, terutama yang baru pasti bingung karena tidak adanya tombol Start pada Windows 8 secara default, beberapa pengguna benar-benar tidak tahu bagaimana cara untuk mengakses power control dari Windows 8. Di sisi lain, ada beberapa pengguna yang malah memilih untuk log out dari Start Screen lalu menggunakan tombol power yang tersedia untuk mematikan Windows. Tentu ini adalah cara yang salah dan tidak cerdas menurut saya. Tapi jangan khawatir karena saya akan coba ngasih trik  yang bisa kalian gunakan dalam mengatasi permasalahan ini dengan menambahkan opsi tulisan Shutdown dan Restart pada menu klik kanan Windows dengan cara edit Registry,, jadi setiap kali jika  ingin mengunci, restart, sleep atau bahkan shutdown komputer, cukup klik kanan pada desktop dan akan muncul opsi2 tersebut. Sebenanrnya ini adalah trik simple yang bisa di searching di Google, tapi saya akan coba kasih tau di sini..

Caranya adalah tinggal copas aja kode yang akan saya berikan di bawah ini  di notepad dan kemudian save dengan ekstensi .reg :

CODE
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Lock Computer]
“icon”=”shell32.dll,-325”
“Position”=”Bottom”

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Sleep Computer]
“icon”=”shell32.dll,-331”
“Position”=”Bottom”

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Restart Computer]
“icon”=”shell32.dll,-221”
“Position”=”Bottom”

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Shutdown Computer]
“icon”=”shell32.dll,-329”
“Position”=”Bottom”

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Lock Computer\command]
@=”Rundll32 User32.dll,LockWorkStation”

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Sleep Computer\command]
@=”rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0″

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Restart Computer\command]
@=”shutdown.exe -r -t 00 -f”

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Shutdown Computer\command]
@=”shutdown.exe -s -t 00 -f”

Setelah code diatas di copas dan disimpan dg nama terserah yang kalian suka tapi ttp jangan lupa belakangnya tambahin .reg, dan buat menjalankannya klik 2x aja file tersebut, maka secara otomatis akan membuat perubahan pada Registry Windows..:) Dan kalo udah..eng ing eng…maka secara otomatis kalo kita klik kanan pada destop akan memunculkan opsi2 yang udah saya sebutkan diatas tadi, berikut sekilas penampakannya..

cats

NBSebelum melakukan perubahan diatas ada baiknya backup Registry dulu, buat jaga-jaga kalo ada kesalahan yang disengaja maupun tidak..:D Soalnya kalo ada kesalahan saya tidak ikut bertanngung jawab, tapi akan membantu dalam memberikan solusi atas masalah yang dihadapi…Trimss..dan sampai ketemu di tulisan berikutnya….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: